Persepsi Peserta terhadap Pelaksanaan Diklat Fungsional Pengawas Sekolah di Bandiklat Provinsi Sumatera Barat

Sari, Raci Netralliana (2012) Persepsi Peserta terhadap Pelaksanaan Diklat Fungsional Pengawas Sekolah di Bandiklat Provinsi Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RACI_NETRALLIANA_SARI_83116_3425_2012.pdf] Text
B1_3_RACI_NETRALLIANA_SARI_83116_3425_2012.pdf

Download (633kB)

Abstract

Salah satu upaya pemerintah meningkatkan mutu dan standar Pendidikan nasional yaitu meningkatkan kompetensi dan kinerja tenaga fungsional pengawas sekolah sesuai dengan standar kompetensi pengawasan yang baik dan professional melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (Diklat). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta terhadap pelaksanaan Diklat Fungsional Pengawas Sekolah di Bandiklat Provinsi Sumbar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi peserta terhadap kegiatan belajar mengajar, modul, sarana dan prasarana Diklat, pelayanan panitia Diklat dan evaluasi Diklat yang dilakukan oleh panitia terhadap Diklat Fungsional Pengawas Sekolah di Bandiklat Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh peserta Diklat fungsional pengawas sekolah di Bandiklat Provinsi Sumatera Barat yang berjumlah 30 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Data penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi peserta Diklat terhadap kegiatan belajar pada Diklat fungsional pengawas sekolah dapat dikategorikan baik. Persepsi peserta terhadap modul pada pelaksanaan Diklat pengawas sekolah ini juga diinterpretasikan dalam kategori baik. Sarana dan prasarana pada pelaksanaan Diklat juga baik. Pelayanan panitia dalam Diklat ini juga dipersepsikan dalam kategori baik dan evaluasi yang dilakukan oleh panitia juga dinilai sudah baik oleh peserta Diklat. Dari uraian hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa persepsi peserta terhadap pelaksanaan Diklat fungsional pengawas sekolah di Bandiklat provinsi Sumatera Barat ini sudah baik, yang perlu mendapat perhatian adalah variasi metode belajar, pelayanan panitia dan kelengkapan sarana dan prasarana penunjang agar terlaksananya Diklat yang lebih baik di masa yang akan datang di Bandiklat Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diklat Fungsional, Persepsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:36
Last Modified: 25 Apr 2025 04:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8121

Actions (login required)

View Item
View Item