Andarini, Elsa (2011) Using the Bookworm Deluxe Game in Enhancing Junior High School Students’ Spelling Ability and Vocabulary Enrichment. Bachelor/Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
![B1_ELSA_ANDARINI_46574_2084_2011.pdf [thumbnail of B1_ELSA_ANDARINI_46574_2084_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_ELSA_ANDARINI_46574_2084_2011.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu guru bahasa Inggris dalam menyajikan variasi materi kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dalam Kurikulum Bahasa Inggris atau yang lebih dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Menengah Pertama saat ini, pengajaran bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan yang telah ditargetkan. Untuk memenuhi target tersebut, terdapat ruang lingkup dari mata pelajaran bahasa Inggris itu sendiri. Ada empat aspek yang harus di kuasai siswa, yakni reading, writing, listening dan speaking. Keempat aspek ini tidaklah akan dapat di kuasai secara maksimal tanpa beberapa hal penyokong, dan diantaranya adalah kemampuan mengeja (spelling ability) dan penguasaan kosa kata (vocabulary mastery). Dalam makalah ini the Bookworm Deluxe Game diusulkan sebagai salah satu alternatif dalam memaksimalkan kemampuan siswa dalam mengeja dan menambah kosa kata. Dalam peningkatan kemampuan mengeja, the Bookworm Deluxe Game dipilih karena memunculkan secara jelas komponen huruf pembentuk sebuah kata dalam bahasa Inggris. Sementara dalam penambahan kosa kata, the Bookworm Deluxe Game dipilih karena siswa dapat mengetahui arti dari kata – kata yang mereka temukan dari permainan ini. Jika hal ini dilakukan secara berkelanjutan, maka akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengeja dan menambah kosa kata. Selain itu, permainan edukasi ini di usulkan karena pemanfaatannya yang tepat sasaran dan mudah didapatkan, dan juga sangat memberikan peluang kepada siswa untuk dapat menambah kemampuan mengeja dan menambah kekayaan kosa kata dengan motivasi yang lebih baik. Hal ini tentunya juga di harapkan untuk dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa terhadap empat aspek yang telah disyaratkan kepada mereka secara lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 08:24 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 08:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/811 |