An Analysis of English Teaching Materials Used at Elementary schools in Kecamatan Padang Utara.

Fitri, Suci Junida (2013) An Analysis of English Teaching Materials Used at Elementary schools in Kecamatan Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SUCI_JUNIDA_FITRI_01607_1140_2013.pdf] Text
B1_3_SUCI_JUNIDA_FITRI_01607_1140_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis materi ajar bahasa inggris yang digunanakan pada sekolah dasar yang ada di kecamatan padang utara. Data penelitian ini ialah 7 buku sumber (materi ajar) bahasa inggris yang digunakan pada kelas V (lima) dan buku ini diperoleh dari 7 sumber sekolah dasar yang ada di kecamatan padang utara. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah apakah materi bahasa inggris yang digunakan di SD Kecamatan Padang Utara relevan dengan kurikulum KTSP 2006 dan perkembangan kognitif dan socio emosional anak SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kecocokan antara material ajar yang digunakan pada kelas lima dengan Kurikulum bahasa inggris (KTSP 2006) dan perkembangan kognitif dan sosio emosional anak SD. Penelitian ini merupakan Descriptive Research dengan menggunakan instrument checklist format. Checklist format digunakan peneliti untuk menganalisa materi ajar yang digunakan dengan kurikulum dan perkembangan anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 7 sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Padang Utara, hanya 2 sekolah yang menggunakan materi ajar berupa buku (textbook) yang berjudul grow with English dan lets’ lean english penerbit Erlangga sedangkan 5 sekolah lagi menggunakan LKS (lembar kerja siswa ) dengan judul Sang Juara, Kreatif dan Sang Bintang sebagai bahan ajar atau materi ajar yang digunakan dalam mengajar bahasa inggris. Dari 7 materi ajar yang digunakan ada sekolah dasar kelas lima di kecamatan padang utara , hanya 64,3 % tingkat kerelevan materi ajar dengan kurikulum, dan 61,42% tingkata kerelevanan materi ajar yang digunakan dengan perkembangan kognitif anak SD. Sedangkan dari segi perkembanagn sosio emotional anak SD, materi ajar yang digunakan mencapai tingkat kerelevanan rendah yaitu 55,74 %. Dari hasil penelitian, sangat disarankan kepada pihak sekolah untuk memberikan training kepada guru terkait penggunaan dan pengembangan materi ajar bahasa inggris yang sesuai dengan kurikulum dan perkembangan kognitif dan sosio emosional anak Sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: English Teaching Materials, Elementary schools
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:00
Last Modified: 25 Apr 2025 04:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8107

Actions (login required)

View Item
View Item