Anthony, Johan (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_JOHAN_ANTONI_1209027_3792_2017.pdf [thumbnail of B1_03_JOHAN_ANTONI_1209027_3792_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_JOHAN_ANTONI_1209027_3792_2017.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses komunikasi atau penyampaian pesan dalam hal ini materi pembelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik (MSKE) tidak tersampaikan dengan baik. Hal ini diakibatkan oleh materi pelajaran MSKE yang mempunyai tingkat keabstrakan tinggi disampaikan dalam bentuk verbal (ceramah dan presentasi), menyebabkan salah tafsir akan materi dan beda persepsi antara guru dan siswa atau sesama siswa. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal yang berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menyajikan materi yang abstrak menjadi konkrit. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran MSKE. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Dessiminate). Subjek penelitian ini adalah media Pembelajaran interaktif MSKE yang dikembangkan terbatas pada kompetensi dasar menggunakan Transistor Sebagai Switching atau Driver. Responden untuk uji coba praktikalitas dan efektivitas adalah siswa kelas XI TOI dan guru mata pelajaran MSKE. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada dua orang dosen Teknik Elektro dan guru MSKE sebagai validator. Hasil praktikalitas menggunakan angket praktikalitas yang disebarkan kepada guru MSKE dan siswa kelas XI TOI. Hasil efektivitas diperoleh dari hasil posttest siswa kelas XI TOI Berdasarkan hasil uji validitas maka diperoleh data validitas dari tim validator yaitu validator 1 sebesar 90,62%, validator 2 sebesar 87,5% dan validator 3 sebesar 81,25% dengan kategori secara keseluruhan valid. Hasil praktikalitas guru diperoleh sebesar 89,06% dan siswa sebesar 81,58%. Hasil efektivitas 88%. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan media Pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Mengoperasikan Ssitem Kendali Elektronik (MSKE) yang valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Adobe Flash Pro CS6, Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 03:59 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 03:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8103 |