Ilhami, Suci (2013) Pengembangan Handout dengan Menggunakan Prinsip- prinsip Elaborasi pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Siswa SMA/MA Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SUCI_ILHAMI_12638_3102_2013.pdf [thumbnail of B1_3_SUCI_ILHAMI_12638_3102_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SUCI_ILHAMI_12638_3102_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Guru dan siswa tidak lepas dari buku-buku pegangan atau bahan ajar pada proses pembelajaran. Bagi siswa, materi pelajaran tidak cukup diperoleh dari guru saja, siswa juga membutuhkan bahan ajar yang bisa mereka gunakan untuk belajar baik di dalam maupun di luar sekolah. Bagi guru, materi yang disampaikan kepada siswa tidak bisa tersampaikan dengan baik jika guru tidak memiliki bahan ajar sebagai panduan yang kuat untuk menyampaikan materi pembelajaran. Apalagi pada pelajaran biologi yang menuntut pemahaman siswa terhadap konsep yang umumnya bersifat abstrak. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian dengan judul Pengembangan handout dengan menggunakan prinsip-prinsip elaborasi pada materi archaebacteria dan eubacteria untuk siswa SMA/MA kelas X yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 3-D dari 4-D models yaitu, define, design, develop dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Handout yang dikembangkan divalidasi oleh 5 orang validator, dan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru dan 35 orang siswa Kelas X MAN Lubuk Alung. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari penelitian dihasilkan produk berupa handout yang sangat valid baik dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun aspek kegrafikan dengan nilai 93,40%. Handout yang dihasilkan juga sudah sangat praktis oleh guru dan praktis oleh siswa dari segi kemudahan penggunaan, waktu pembelajaran, maupun biaya dengan nilai 93,15% dan 88,34%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa handout dengan menggunakan prinsip-prinsip elaborasi pada materi Archaebacteria dan Eubacteria memiliki kriteria sangat valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Handout, Elaborasi, Archaebacteria, Eubacteria |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 03:59 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 03:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8102 |