Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Kompetensi Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Padang

Putri, Suci Aulia (2014) Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Kompetensi Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SUCI_AULIA_PUTRI_54866_1350_2014.pdf] Text
B1_3_SUCI_AULIA_PUTRI_54866_1350_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda yakni gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Guru umunya mengajar dengan dua gaya belajar saja. Siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda dengan gaya mengajar guru, akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam menyerap informasi. Ini menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa dengan kompetensi biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Padang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Analisis data menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Selanjutnya dilakukan pengujian korelasi dengan menggunakan rumus t untuk mengetahui koefisien korelasi berarti atau tidak. Untuk melihat persentase sumbangan pengaruh gaya belajar siswa terhadap kompetensi biologi siswa dilakukan analisis menggunakan koefisien penentu/determinan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya koefisien korelasi (t i hitung )gaya belajar siswa dengan kompetensi biologi yaitu sebesar 4,50 lebih besar dari t tabel pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan db = 40 yaitu sebesar 1,68. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa dengan kompetensi biologi siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa dengan kompetensi biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Gaya Belajar, Siswa, Kompetensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:56
Last Modified: 25 Apr 2025 03:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8090

Actions (login required)

View Item
View Item