Pengembangan Modul Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri di Pondok Moderen Gontor 3 Darul Ma’rifat, Kediri, Jawa Timur

Fahmi, Reza (2020) Pengembangan Modul Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri di Pondok Moderen Gontor 3 Darul Ma’rifat, Kediri, Jawa Timur. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_REZA_FAHMI_170271_181_2021.pdf] Text
B1_08_REZA_FAHMI_170271_181_2021.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan terhadap modul pembelajaran
kewirausahaan. Di Pondok Moderen Gontor 3 Darul Ma’rifat dan hasil analisis kemandirian santri
serta kajian konseptual dan teori yang dapat memperkuat modul yang dikembangkan. Peneliti
perlu memecahkan masalah ini dengan melakukan penelitian dan pengembangan dengan
menggunakan ADDIE model. Subjek penelitian adalah santri Pondok Moderen Gontor 3 Darul
Ma’rifat di Kabupaten Kediri. Sampel diambil menggunakan teknik sampel acak. Adapun
instrumen pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan skala kemandirian, kuesioner,
wawancara, observasi dan lembar validasi untuk setiap perangkat modul yang dikembangkan.
Untuk menjamin keabsahan data peneliti melakukan validasi instrumen tersebut kepada para
dosen/praktisi dan melakukan ujian lapangan untuk instrumen skala kemandirian. Data yang
dikumpulkan dan diolah dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Uji efektivitas modul
mengunakan analisis uji t berbantuan SPSS (Statistical Package on Social Science) versi 17.
Temuan penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran kemandirian sangat dibutuhkan di Pondok
Moderen Gontor 3. Namun beberapa persoalan masih ditemukan, yaitu: pembelajaran
kewirausahaan belum terstruktur dengan baik; tidak memiliki silabus, RPP, modul yang sistematis
dan terprogram. Sehingga pembelajaran kewirausahaan lebih menekankan pada pembelajaran
yang bersifat learning by doing (belajar sambil berbuat atau bekerja dan bersifat praktis), (2)
Pembelajaran kewirausahaan bagi para santri, diajarkan untuk dapat berpikir kreatif dan inovatif
dalam mengembangkan berbagai jenis usaha produktif (kafetaria, pabrik roti, mini market, toko
olah raga dan sebagainya). Sehingga diharapkan mereka mampu mandiri dengan tidak bergantung
pada siapapun, (3) Modul kewirausahaan yang dikembangkan untuk meningkatkan kemandirian
santri memiliki keuinkan, dan kekhasannya dibandingkan dengan modul kewirausahaan lain. Yaitu
menggunakan pendekatan ADDIE, (4) Modul kewirausahaan yang dikembangkan sudah valid,
praktis dan efektif karena terdapat perbedaan kemandirian yang signifikan antara santri yang
mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ADDIE dengan santri yang menggunakan
pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Kewirausahaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:13
Last Modified: 25 Apr 2025 03:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8080

Actions (login required)

View Item
View Item