Sari, Putri Dharma (2016) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web menggunakan Aplikasi Moodle pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_PUTRI_DHARMA_SARI_1100413_4905_2016.pdf [thumbnail of B1_3_PUTRI_DHARMA_SARI_1100413_4905_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_PUTRI_DHARMA_SARI_1100413_4905_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pengembangan bahan ajar ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa, dimana siswa kurang aktif mengikuti pelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis web pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau yang lebih dikenal dengan Research and Development (R & D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D). Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri atas 4 (empat) tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Uji validitas produk dilakukan oleh 3 (tiga) orang validator yaitu 2 (dua) orang validator ahli media dan 1 (satu) orang validator ahli materi. Uji coba produk dilakukan kepada 10 (sepuluh) orang siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 17 Padang dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Instumen penelitian yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan format penilaian. Hasil validitas materi diperoleh rata-rata 4,92 dengan persentase sebesar 98% dikategorikan sangat baik dan hasil validitas media diperoleh rata-rata 4,28 dengan persentase sebesar 86% diketegorikan sangat baik. Hasil uji praktikalitas produk diperoleh rata-rata 4,2 dengan persentase sebesar 84% dikategorikan sangat baik. Hasil uji efektifitas diperoleh t i hitung = 2,32 sedangakan t dengan df 18 pada taraf signifikan α 0,05 = 2,101. Maka dapat diketahui t hitung > t tabel . Dengan demikian terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan moodle dan dengan menggunakan moodle. Maka, dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar berbasis moodle ini efektif digunkan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Web, Moodle, TIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 03:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 03:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8074 |