Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo Sebagai Penunjang Pembelajaran Sistem Kontrol Terprogram di Kelas XI TOI SMKN 2 Payakumbuh

Pratama, Jeri Putra (2018) Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo Sebagai Penunjang Pembelajaran Sistem Kontrol Terprogram di Kelas XI TOI SMKN 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_JERI_PUTRA_PRATAMA_1302336_488_2018.pdf] Text
B1_03_JERI_PUTRA_PRATAMA_1302336_488_2018.pdf

Download (13MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah belum tersedianya penunjang pembelajaran yang mampu membuat siswa berprestasi dengan baik, terdapat 73,8% siswa yang belum tuntas mengikuti mata pelajaran sistem kontrol terprogram. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan E-Learning sebagai penunjang pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif menggunakan aplikasi Edmodo pada mata pelajaran sistem kontrol terprogram untuk kelas XI TOI SMKN 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan Emzir yang terdiri dari 5 langkah, yaitu:1. Tahap penelitian dan Pengumpulan data, 2. Tahap perencanaan produk, 3. Tahap pengembangan produk, 4. Tahap validasi produk, 5. Tahap uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah E-Learning berbasis Edmodo pada mata pelajaran sistem control terprogram. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi yang diberikan kepada dua orang dosen Teknik Elektro FT UNP dan 1 orang guru mata pelajaran di SMKN 2 Payakumbuh sebagai validator. Selanjutnya, pengumpulan data praktikalitas menggunakan angket praktikalitas yang diberikan kepada guru mata pelajaran dan siswa di kelas XI TOI SMKN 2 Payakumbuh sebagai responden. Data efektivitas diperoleh dari hasil posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Learning berbasis Edmodo sebagai penunjang pembelajaran ini dinyatakan berhasil menghasikan E-Learning yang valid, praktis, dan efektif. Hasil uji validitas dari tim validator dinyatakan valid dengan rata-rata sebesar 82%. Hasil uji praktikalitas oleh guru sebesar 96,6% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil praktikalitas oleh siswa sebesar 86,9% dengan kategori praktis. Hasil uji efektivitas didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 90,6%. Dengan demikian E-Learning berbasis Edmodo ini efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Learning, Edmodo, Sistem Kontrol Terprogram.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:11
Last Modified: 25 Apr 2025 03:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8070

Actions (login required)

View Item
View Item