Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Physics Education Technology (PhET) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang

Afriliana, Jensi (2019) Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Physics Education Technology (PhET) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_JENSI_AFRILINA_15004088_3554_2019.pdf] Text
B1_03_JENSI_AFRILINA_15004088_3554_2019.pdf

Download (9MB)

Abstract

Praktikum menjadi tuntutan dalam hampir semua materi pembelajaran IPA. Pemerintah berupaya didalamkurikulum pendidikan agar pembelajaran IPA memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan kegiatan agar memiliki pengalaman sendiri. Namun, kondisi nyata disekolah menunjukkan bahwa praktikum jarang dilakukan karena berbagai keterbatasan. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan memanfaatkan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menciptakan inovasi baru berupa media interaktif yang dapat digunakan sebagai praktikum virtual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh penggunaan media simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasy eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelompok kontrol yang sama-sama berjumlah 30 orang siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 butir soal tes objektif dengan empat alternatif jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett, dan uji hipotesis dengan t-tes pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka terdapat perbedaan signifikan dari hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan media simulasi PhET dengan nilai rata-rata 78,667 dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan media Power Point dengan nilai rata-rata 65,667. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dengan hasil analisis nilai t hitung 6,483 > t tabel 2,000 untuk taraf signifikan α 0,05 dan dk 58. Oleh karena itu, penggunaan media simulasi PhET berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 4 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Praktikum IPA, Media Simulasi PhET, Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:05
Last Modified: 25 Apr 2025 03:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8057

Actions (login required)

View Item
View Item