Putri, Fenty Anita (2014) Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Media Kartu yang Bergambar Domino pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas DIII/C di SLB Limas Padang: Single subject research. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_FENTY_ANITA_PUTRI_17209_5843_2014.pdf [thumbnail of B1_2_FENTY_ANITA_PUTRI_17209_5843_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_FENTY_ANITA_PUTRI_17209_5843_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat dilapangan yaitu seorang anak tunagrahita ringan kelas DIII/C di SLB Limas Padang yang mengalami kesulitan dalam melakukan penjumlahan bilangan yang hasilnya dibawah 20. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan penggunaan media kartu yang bergambar domino dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan yang hasilnya dibawah 20 anak tunagrahita ringan kelas DIII/C di SLB Limas Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan single subject research dengan desain A-B. kondisi baseline (A) yaitu kondisi kemampuan awa anak dalam penjumlahan bilangan yang hasilnya kurang dari 20 sebelum diberikan perlakuan, kondisi intervensi (B) merupakan kondisi dimana anak diberikan tindakan atau perlakkuan melalui media kartu yang bergambar domino. Target behavior dalam penelitian ini adalah anak mampu dalam mengerjakan soal penjumlahan yang hasilnya dibawah 20 yang diukur dengan persentase. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis visual grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu yang bergambar domino dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan yang hasilnya kurang dari 20 bagi anak tunagrahita ringan. Panjang kondisi baseline (A) sebanyak 10 kali pertemuan terletak pada rentang 0% - 20%. Setelah diberikan perlakuan atau intervensi (B) dengan menggunakan media kartu yang bergambar dominoyang dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan terletak pada rentang 50% - 100%. Persentase overlap data yang diperoleh pada kondisi baseline (A) dan kondisi intervensi (B) adalh 0%, semakin kecil persentase ovelap maka semakin baik pengaruh intervensu terhadap target behavior. Hal ini menunjukan bahwa kondisi intervensi (B) lebih baik dari pada konidisi baseline (A). Dengan demikian hipetesis diterima, bahwa media kartu yang bergambar domino dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan yang kurang dari 20 bagi anak tunagrahita ringan kelas DIII/C di SLB Limas Padang. Disarankan bagi guru untuk menggunakan media kartu yang bergambar domino dalam meningkatakan kemampuan penjumlahan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN PENJUMLAHAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 03:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 03:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8050 |