Perbandingan Hasil Belajar Antara Panduan Kerja Berbasis Multimedia dan Jobsheet pada Pelajaran Muatan Lokal Kelas X di SMA

Yose, Puspita Martha (2015) Perbandingan Hasil Belajar Antara Panduan Kerja Berbasis Multimedia dan Jobsheet pada Pelajaran Muatan Lokal Kelas X di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_PUSPITA_MARTHA_YOSE_1105375_4531_2015.pdf] Text
B1_3_PUSPITA_MARTHA_YOSE_1105375_4531_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Guru dituntut untuk menggunakan bahan ajar yang isi materinya lebih terperinci dan sesuai kompetensi berupa panduan kerja atau jobsheet. Alasan penggunaan panduan kerja berbasis multimedia bertujuan untuk menyajikan informasi dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti, dan jelas. Informasi akan mudah dimengerti karena sebanyak mungkin indera, terutama telinga dan mata, digunakan untuk menyerap informasi itu. Penggunaan jobsheet akan mengurangi verbalitas materi yang disampaikan dan mampu meningkatkan peran aktif peserta didik dalam pembelajaran, yang akhirnya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar menggunakan panduan kerja berbasis multimedia dengan menggunakan jobsheet pada pelajaran muatan lokal kelas X di SMA Pembanguanan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster sampling. Kelas yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah memberikan tes hasil belajar, sedangkan alat pengumpulan data adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai, sehingga dilakukan dengan uji hipotesis yaitu t hitung > t tabel dengan nilai 3,89>2,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar setelah menggunakan panduan kerja berbasis multimedia dengan nilai rata-rata 82 dalam pelajaran muatan lokal pada siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium, dan hasil belajar menggunakan jobsheet dengan nilai rata-rata 73 dalam pelajaran muatan lokal pada siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium. Oleh karena itu panduan kerja berbasis multimedia dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran muatan lokal pada siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Multimedia, Jobsheet
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:04
Last Modified: 25 Apr 2025 03:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8048

Actions (login required)

View Item
View Item