Fazriyanti, Puput (2016) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa berbasis Problem Solving dilengkapi Penugasan Membuat Mind Map pada Materi Sistem Gerak untuk Siswa SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_PUPUT_FAZRIYANTI_1205624_3065_2016.pdf [thumbnail of B1_3_PUPUT_FAZRIYANTI_1205624_3065_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_PUPUT_FAZRIYANTI_1205624_3065_2016.pdf
Download (7MB)
Abstract
Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan dalam rangka melaksanakan kurikulum pada suatu lembaga pendidikan, agar dapat membantu siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah diciptakan.Pencapaian tujuan pembelajaran siswa dapat terlaksana, salah satunya dengan peranan media. Media yang banyak digunakan oleh guru adalah media cetak. Kemampuan berfikir siswa dalam berpikir kritis dan kreatif dalam proses pembelajaran dapat berawal dari sebuah masalah. Salah satu pembelajaran yang berorientasi pada masalah dan pemecahan masalah adalah problem solving. LKS berbasis problem solving dilengkapi penugasan membuat mind map merupakan salah satu alternatif untuk memudahkan siswa dalam memahami materi sistem gerak manusia. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKS IPA berbasis problem solving dilengkapi penugasan membuat mind mapyang valid dan praktispada materi sistem gerak manusia untuk siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan tiga tahap dari 4-D Modelyaitu define(pendefinisian), design(perancangan),dan develop(pengembangan).Tahap define meliputianalisis awal akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan perancangan LKS berbasis problem solving dilengkapi penugasan membuat mind map. Tahap developdilakukan uji validitas LKS oleh lima orang validator dan uji praktikalitas oleh dua orang guru dan 20 orang siswa kelasVIII SMPN 1 Koto XI Tarusan. Data yang diperoleh, dianalisis dan dibahas secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKS berbasis problem solving dilengkapi penugasan membuat mind map pada materi sistem gerak manusia untuk siswa SMP. LKS yang dihasilkan memilikinilai rata-rata validitas sebesar 90,24 % dengan kriteria sangat valid,memiliki nilai rata-rata praktikalitas 89,05 % dan 86,95 % dengan kriteria praktis baik oleh guru maupun siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis problem solving dilengkapi penugasan membuat mind map pada materi sistem gerak manusia untuk siswa SMP yang dikembangkan sangat valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS, Problem Solving, Mind Map |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 03:03 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 03:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8042 |