Pengembangan Perangkat Pembelajaran Membaca Intensif Berbasis Model Kooperatif Tipe Group Investigation di kelas III Sekolah Dasar

Fauziah, Muhardila (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Membaca Intensif Berbasis Model Kooperatif Tipe Group Investigation di kelas III Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MUHARDILA_FAUZIAH_14124031_957_2017.pdf] Text
B1_01_MUHARDILA_FAUZIAH_14124031_957_2017.pdf

Download (536kB)

Abstract

Peserta didik dan guru dalam pembelajaran membaca intensif. Perangkat yang digunakan dalam pembelajaran membaca intensif belum melakukan tahapan membaca seperti prabaca, saat baca, pasca baca. Selain itu Perserta didik dan guru tidak mengetahui perbedaan antara membaca intensif dengan membaca nyaring atau lancar. Untuk itu diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran agar proses pembelajaran membaca intensif menjadi lebih menarik dan bermakna. Pada penelitian ini peneliti mengembangakan perangkat pembelajaran membaca
intensif berbasis model kooperatif tipe group investigation yang valid, praktis dan efektif dapat meningkatkan kreatifitas, aktifitas, dan keterampilan membaca intensif. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan perangkat pembelajaran membaca intensif berbasis kooperatif tipe group investigation yang valid, praktis, dan efektif digunakan di kelas III. Jenis penelitian adalah pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data penelitian ini diperoleh melalui uji coba setelah melewati uji validasi oleh beberapa ahli melalui lembar validasi perangkat pembelajaran. Data kepraktisan pengembangan perangkat pembelajaran. Selanjutnya data keefektifitasan. Berdasarkan uji validasi diperoleh data persentase silabus 86.90% dikategorikan sangat valid, RPP 92.86% dikategorikan sangat valid, dan bahan ajar 92.86% dikategorikan sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP 91.67% dinyatakan sangat praktis, persentase respon guru 95% dikategorikan sangat praktis, dan persentase repon peserta didik 94.5% mengkategorikan sangat
praktis. Data efektifitas dari aktifitas belajar 10 memberi tanggapan, 12 mampu memberi pertanyaan, dan hasil belajar membaca intensif peserta didik 93% tuntas. Hasil penjabaran di atas membuktikan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan di kelas III sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:59
Last Modified: 25 Apr 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8033

Actions (login required)

View Item
View Item