Model Trait Treatment Interaction untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Kimia

Aswirna, Prima (2017) Model Trait Treatment Interaction untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Kimia. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_PRIMA_ASWIRNA_70270_024_2018.pdf] Text
B1_08_PRIMA_ASWIRNA_70270_024_2018.pdf

Download (903kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran untuk mahasiswa tahun
pertama adalah capaian pembelajaran belum memuaskan seperti pada mata kuliah
Kimia Dasar I. 62,3 % mahasiswa di Jurusan TIPA – Fisika FTK IAIN IB Padang
didominasi oleh nilai C dan D. Berbagai kajian dan penelitian yang telah
dilakukan, belum mampu meningkatkan capaian pembelajaran secara signifikan
karena dari hasil analisis penelitian tersebut belum mengakomodasi perbedaan
karateristik mahasiswa dan belum terintegrasi dengan nilai-nilai religiusitas.
Untuk itu pada penelitian ini akan diterapkan Model Pembelajaran Trait
Treatment Interaction yang mengakomodasi karateristik mahasiswa dan
dilengkapi dengan bahan ajar Handout dan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM)
yang terintegrasi nilai-nilai religiusitas.
Penelitian ini adalah penelitian kuasieksperimen dimana variable bebasnya
adalah pembelajaran pada mata kuliah Kimia Dasar I dengan menggunakan model
pembelajaran Trait Treatment Interaction(TTI): Pembelajaran Mandiri (self
learning) danPembelajaran biasa + pembelajaran tambahan (regular teaching +
tutorial) serta Variabel terikatnya adalahcapaian pembelajaran.Teknik penarikan
sampel adalah Cluster Random Sampling.Data dianalisis dengan teknik analisis
data menggunakan StatisticPearsonCorrelation dan teknik analisiskovarian
(ANCOVA atau ANACOVA) dengan faktorial 2x2x2.Pemilihan sampel
menggunakan teknikCluster Random Sampling.
Hasil penelitian ini mendapati bahwa: mahasiswa berkemampuan cepat
(fasterlearner) mempunyai capaian pembelajaran yang lebih tinggi
apabilamenggunakan pembelajaran mandiri (self learning) berbanding
pembelajaran biasa + pembelajaran tambahan (regular teaching + tutorial).
Mahasiswa berkemampuan rendah (slowerlearner) mempunyai capaian
pembelajaran yang lebih tinggi menggunakan pembelajaran biasa + pembelajaran
tambahan (regular teaching + tutorial) berbanding pembelajaran mandiri (self
learning).

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Trait Treatment Interaction Pembelajaran Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:51
Last Modified: 25 Apr 2025 02:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8021

Actions (login required)

View Item
View Item