Aries, Citra (2015) Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing (Guide Discovery) dan Pengetahuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_CITRA_ARIES_1210077_266_2015.pdf [thumbnail of B1_1_CITRA_ARIES_1210077_266_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_CITRA_ARIES_1210077_266_2015.pdf
Download (426kB)
Abstract
Penelitian berawal dari hasil belajar matematika yang kurang memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pemahaman konsep
matematika siswa yang di ajar dengan metode pembelajaran Penemuan
Terbimbing lebih baik dari pada pemahaman konsep matematika siswa yang di
ajar dengan metode konvensional (kurikulum 2013); (2) pemahaman konsep
matematika siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang di ajar dengan metode
pembelajaran Penemuan Terbimbing lebih baik dari pada pemahaman konsep
matematika siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang di ajar dengan metode
konvensional (kurikulum 2013); (3) pemahaman konsep matematika siswa yang
berpengetahuan awal rendah yang di ajar dengan metode pembelajaran Penemuan
Terbimbing lebih baik dari pada pemahaman konsep matematika siswa yang
berpengetahuan awal rendah yang di ajar dengan metode konvensional
(kurikulum 2013; (4) interaksi antara metode pembelajaran Penemuan Terbimbing
dengan pengetahuan awal terhadap pemahanan konsep matematika siswa
Metode penelitian ini berupa kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperiment
dengan desain faktorial 2 x 2. Populasinya adalah siswa kelas X MIPA SMA
Negeri 4 Pekanbaru, sampelnya kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen, dan
kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik random
sampling dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015.
Temuan dari penelitian menunjukkan pemahaman konsep matematika
siswa yang di ajar dengan menggunakan metode pembelajaran Penemuan
Terbimbing lebih baik dibanding pemahaman konsep matematika siswa yang di
ajar dengan metode konvensional (kurikulum 2013), baik pada yang
berpengetahuan awal tinggi maupun yang bertpengetahuan awal rendah.
Ditemukan juga dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisa
perbandingan rata-rata bahwa tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran
Penemuan Terbimbing dengan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep
matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 02:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 06:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8019 |