Professional Judgment (Pertimbangan Profesional) Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 2 Padang

Sastri, Prima (2012) Professional Judgment (Pertimbangan Profesional) Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_PRIMA_SASTRI_00446_4916_2012.pdf] Text
B1_3_PRIMA_SASTRI_00446_4916_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya professional judgment (pertimbangan profesional) guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam penilaian hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Padang, yang akan mengakibatkan penilaian hasil belajar peserta didik menjadi tidak objektif. Tujuan penelitian ini diantaranya adalah: (1) Untuk mengetahui yang mendasari professional judgment (pertimbangan profesional) guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam penilaian hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Padang, (2) Untuk mengetahui dampak professional judgment (pertimbangan profesional) guru Pendidikan Kewarganegaraan terhadap penilaian hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Padang. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis isi. Informan penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan strategi pulang-pergi yaitu mulai dengan aturan-data-aturan-data dan seterusnya. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1)Yang mendasari professional judgment (pertimbangan profesional) guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam penilaian hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Padang adalah hanya kriteria yang keempat yaitu bentuk soal yang berupa essai yang dipenuhi oleh semua guru Pendidikan Kewarganegaraan sedangkan tiga kriteria lainnya tidak semua guru yang memenuhinya, (2) Dampak professional judgment (pertimbangan profesional) guru Pendidikan Kewarganegaraan terhadap penilaian hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Padang adalah bahwa semua guru Pendidikan Kewarganegaraan menyatakan hal yang sama yaitu memperoleh penilaian hasil belajar yang lebih baik dan akurat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Professional Judgment, PKN, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:47
Last Modified: 25 Apr 2025 02:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8013

Actions (login required)

View Item
View Item