Pahlawan, Pahlawan (2017) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah, Motivasi,Komitmen,dan KompetensiGuru, terhadap Kepuasan Kerja Guru MTs. Kabupaten Pasaman. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_PAHLAWAN_1104202_3429_2018.pdf [thumbnail of B1_08_PAHLAWAN_1104202_3429_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_PAHLAWAN_1104202_3429_2018.pdf
Download (485kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung
antara Variabel eksogen dan endogen, yakni antara gaya Kepeminpinan, Motivasi,
Komitmen, dan Kompetensi Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru MTs Kabupaten Pasaman.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya berbagaimasalah yakni kurangnya
kepuasan kerja Guru yang didominasi oleh gaya Kepeminpinan, Motivasi, Komitmen,
Kompetensi Guru terhadap Kepuasan kerja .
Metode Penelitian ini dengan menggunakan Penelitian deskriptif Kuantitatif
menggunakan metode survey dengan analisis jalur (Fath Analaisis) dengan adanya pengaruh
langsung dan tak langsung yaitu: (1) Gaya Kepeminpinan berpengaruh langsung terhadap
Kepuasan Kerja, (2) Gaya Kepeminpinan berpengarauh langsung terhadap Kompetensi guru,
(3) Gaya Kepeminpinan berpengaruh langsung terhadap Motivasi, (4) Komitmen
berpengaruh terhadap Kepuasankerja, (5) Komitmen berpengaruh terhadap Kompetensi
guru, (6) Komitmen berpengaruh langsung terhadap motivasi. (6) Komitmen berpngaruh
langsung terhadap Mortivasi, (7) Pengaruh Motivasi terhadap kepuasan kerja melalui
Kompetensi guru, (8) Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja melalui
Kompetensi Guru, (9) Pengaruh gaya kepeminpinan terhadap Kepuasan Kerja melalui
Motivasi dan Kompetensi Guru, (10) Pengaruh Komitmen terhadap Kepuasan Kerja melalui
motivasi dan kompetensi Guru , (11) Pengaruh Komitmen terhadap Kepuasan kerja melalui
Motivasi dan Kompetensi Guru, (12) Pengaruh Gaya Kepeminpinan , komitmen, Motivasi
dan Kompetensi Guru secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja , sistim penarikan
sampel dilakukan dengan tehnik Stratifeid proportional random sampling dengan konsep
Cohransebesar 14 % atau 85 orang dari populasi sebanyak 467 orang dengan menggunakan
SPSS 16.
Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Gaya kepeminpinan situasional berpengaruh
terhadap kepuasan kerja sebesar 0,174. (2) Gaya kepeminpinan situasional berpengaruh
terhadap kompetensi guru sebesar 0,202 (3) Gaya kepeminpinan situasional berpengaruh
terhadap motivasi sebesar 0,138 (4) Komitmen berpengaruh terhadap kepuasan kerja
sebesar 0,069 (5) Komitmen berpengaruh terhadap kompetensi guru sebesar 0,069. (5)
Komimen berpengaruh terhadap Kompetensi guru sebesar 0,102, (6) Komitmen berpengaruh
terhadap motivasi sebesar 0,133. (7) Motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja melalui
kompetenssi guru sebesar 0,9045 (8) Gaya kepeminpinan situasional berpengaruh terhadap
kepuasan kerja melalui kompetensi guru sebesar 0,2328 (9) Gaya kepeminpinan siuasional
berpengaruh terhadap kepuasan kerja melalui motivasi dan kompetensi guru sebesar 0,358.
(10) Komitmen berpengaruh terhadap kepuasan kerja melalui kompetensi guru sebesar
0,0987 (11) Komitmen berpengaruh terhadap kepuasan kerja melalui motivasi dan
kompetensi guru sebesar 0,3468 (12) Gaya kepeminpinan situasional, komitmen, motivasi,
dan kompetensi guru secara bersama-sama berpengaruht erhadap kepuasan kerja sebesar
0,801 dengan kontribusi sebesar 64,16 %; sedangkan sisanya 35,84% ditentukan oleh
factor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan Kompetensi Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 02:44 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 02:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8006 |