Sulastri, Ismayanti (2018) Optimalisasi UPBK (Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling) Dalam Meminimalisir Permasalahan Mahasiwa UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_ISMAYANTI_SULASTRI_14058021_5323_2018.pdf [thumbnail of B1_04_ISMAYANTI_SULASTRI_14058021_5323_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_ISMAYANTI_SULASTRI_14058021_5323_2018.pdf
Download (5MB)
Abstract
Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling merupakan salah satu organisasi perguruan tinggi UNP yang berfungsi untuk memberikan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap permasalahan mahasiswa baik masalah bidang pribadi, akademik, maupun sosial agar mahasiswa dapat mencapai kesuksesan optimal dalam menjalani masa studi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persentase kunjungan mahasiswa ke UPBK UNP pada tahun 2015 (20,3%), 2016 (24,2%) dan 2017 (14,5%), cenderung mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya UPBK UNP dalam mengoptimalkan pelayanan sesuai dengan fungsi dan tujuan guna meminimalisir permasalahan mahasiswa UNP. Penelitian ini dianalisis dengan teori sistem kooperatif oleh Chester Bernard. Teori ini menyatakan bahwa setiap individu dalam organisasai harus mampu bekerja sama, memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, menanamkan nilai-nilai kebersamaan, mampu menciptakan semangat kerja dari para pekerja, memiliki perasaan yang kuat dari anggota dan dengan organisasi, dan berusaha untuk satu tujuan bersama, agar organisasi tersebut dapat terintegrasi dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Pemilihan informan secara purposive sampling sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan dianalisis memakai model interaktif yang dipopulerkan oleh Miles dan Huberman (reduction, display, dan conclusion/verification). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat enam upaya UPBK dalam mengoptimalkan pelayanan sesuai dengan fungsi dan tujuan guna meminimalisir permasalahan mahasiswa UNP di antaranya : a) kemampuan bekerja sama, b) kemampuan berkomunikasi, c) menanamkan nilai-nilai kebersamaan, d) menciptakan semangat kerja, e) memiliki perasaan yang kuat dari anggota dan dengan organisasi, f) berusaha untuk satu tujuan bersama, dengan melakukan berbagai kegiatan di antaranya : melakukan sosialisasi untuk menyebarkan informasi akan adanya UPBK di UNP dan mengadakan seminar serta malakukan pemanggilan terhadap mahasiswa yang masa studinya di atas lima tahun. Hal ini dilakukan guna meminimalisir permasalahan pribadi dan akademik mahasiswa. Sementara untuk upaya dalam meminimalisir permasalahan sosial mahasiswa tidak ada kegiatan khusus yang dilakukan oleh UPBK UNP.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permasalahan Mahasiswa, Optimalisasi Pelayanan, UPBK UNP |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 07:02 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 07:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8003 |