Kendala yang dialami Guru SMKN 1 Padang dalam Melaksanakan Pembelajaran Pendekatan Ilmiah Kurikulum 2013.

Azra, Baidha (2017) Kendala yang dialami Guru SMKN 1 Padang dalam Melaksanakan Pembelajaran Pendekatan Ilmiah Kurikulum 2013. Bachelor/Skripsi thesis, Pendidikan Teknik Bangunan.

[thumbnail of B1_01_BAIDHA_AZRA_1206114_2749_2017.pdf] Text
B1_01_BAIDHA_AZRA_1206114_2749_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya masalah yang dialami guru SMKN 1 Padang. selama melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah kurikulum 2013. Melihat permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan kendala yang dialami guru SMKN 1 Padang dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah kurikulum 2013 pada semester Juli- Desember 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 92 orang guru kelas X (sepuluh) yang mengajar pada semester Juli Desember 2016. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang guru dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan Skala Likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban, yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif. Jumlah item di dalam angket penelitian sebanyak 46 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala-kendala yang dialami guru SMKN 1 Padang dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah berdasarkan kategorisasi yang paling besar yaitu: indikator mengamati mengalami kendala dengan persentase 37,33% dengan kategori sedang, indikator menanya mengalami kendala dengan persentase 53,33%. termasuk kategori sedang, indikator mengumpulkan informasi atau mencoba mengalami kendala dengan persentase 54,67%. dengan kategori sedang, indikator menalar atau mengasosiasi mengalami kendala dengan persentase 42,67%. termasuk kategori besar, indikator mengkomunikasikan mengalami kendala dengan persentase 53,33%. dengan kategori besar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru SMK N 1 Padang, Pendekatan Ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 05 Feb 2025 06:54
Last Modified: 05 Feb 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item
View Item