Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Suatu Studi Pembiayaan SD Negeri No 18 Tanjung Kandis dan SD Negeri No 22 Pasar Taluk Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Dafri, Dafri (2011) Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Suatu Studi Pembiayaan SD Negeri No 18 Tanjung Kandis dan SD Negeri No 22 Pasar Taluk Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DAFRI_51348_3554_2012.pdf] Text
B1_1_DAFRI_51348_3554_2012.pdf

Download (166kB)

Abstract

Agar dapat tercapai tujuan pendidikan yang optimal, maka salah satu yang
perlu dilakukan adalah mengelola biaya dengan baik sesuai dengan dana yang
tersedia pada satuan pendidikan. Pengelolaan pembiayaan pendidikan tersebut
meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembiayaan
pendidikan. Namun, dana yang tersedia untuk kegiatan operasional sekolah
nonpersonalia di sekolah dasar untuk daerah Pesisir Selatan hanya didominasi
oleh dana pusat, melalui dana BOS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen pembiayaan
pendidikan di SD Negeri No. 18 Tanjung Kandis dan SD Negeri No. 22 Pasar
Taluk. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dan informasi dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Penelitian ini menetapkan Kepala
Sekolah SD Negeri No. 18 Tanjung Kandis sebagai informan kunci pertama, dan
Kepala Sekolah SD Negeri No. 22 Pasar Taluk sebagai informan kunci kedua.
Melalui informasi dari informan kunci ini, peneliti kemudian di arahkan ke
informan berikutnya, yaitu bendahara sekolah, para guru, dewan komite sekolah,
Pejabat UPTD Kecamatan Batang Kapas dan masyarakat selingkungan SD
tersebut.
Setelah dilakukan penelitian, terungkap: 1) Perencanaan pembiayaan
pendidikan di sekolah masih belum berjalan sesuai dengan standar atau aturan
yang ditetapkan, namun dilaksanakan lebih kepada kebijakan yang diambil oleh
kepala sekolah masing-masing ; 2) Pelaksanaan dan pengawasan pembiayaan
pendidikan pada masing-masing sekolah berbeda sesuai dengan kebijakan kepala
sekolah, meskipun pada prinsipnya telah jelas bahwa pelaksanaan dan
pengawasan pembiayaan pendidikan tadi dilakukan oleh segenap pihak
berkompeten yang telah diatur dalam berbagai aturan dan perundang-undangan ;
3) Peran dana BOS mencakup 100% dalam pelaksanaan pembiayaan pendidikan
operasional non personalia di sekolah. Dana ini mampu mendorong sekolah
melaksanakan kegiatan-kegiatan operasional non personalia, meskipun belum
maksimal menutupi keseluruhan pembiayaan kegiatan sebagaimana yang telah
dianggarkan masing-masing sekolah. Temuan penelitian ini diverifikasi melalui
teknik triangulasi yaitu melakukan pemeriksaan keabsahan data dengan
memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau
sebagai pembanding terhadap data itu.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:41
Last Modified: 25 Apr 2025 02:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7997

Actions (login required)

View Item
View Item