Indra, Resti (2014) Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Anak Autis Kelas II di SDN. 31 Payakumbuh (Deskriptif-Kualitatif). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RESTI_INDRA_11599_1144_2014.pdf [thumbnail of B1_2_RESTI_INDRA_11599_1144_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RESTI_INDRA_11599_1144_2014.pdf
Download (993kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari observasi yang peneliti lakukan di SDN. 31
Payakumbuh, terdapat siswa dengan gangguan autism namun di sekolah tersebut
tidak memiliki GPK sebagai penyedia layanan bagi ABK. Subjek yang diteliti
merupakan siswa laki-laki duduk di kelas II. Anak merupakan siswa yang pintar
dan berani, namun anak memiliki hambatan dalam memfokuskan diri saat belajar
serta memiliki emosi yang tidak terkendali. Seluruh penyelenggaraan pendidikan
dan pembelajaran dilimpahkan pada guru kelas. Oleh sebab itu, peneliti tertarik
mengkaji dan melihat pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas
II bagi anak autis di SDN. 31 Payakumbuh.
Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan
menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi
dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi objektif secara
alamiah, dan tidak diperlukan pengontrolan terhadap perlakuan karena penelitian
ini tidak dimaksudkan untuk menguji hiotesis tertentu namun hanya
menggambarkan apa adanya gejala yang diteliti. Oleh karena itu, peneliti ingin
menjabarkan pelaksanaan pembelajaran oleh guru kelas II bagi anak autis di
SDN. 31 Payakumbuh. Berdasarkan 12 catatan lapangan yang ada, peneliti belum
menemukan program khusus bagi anak autis, serta pembelajaran yang dibedakan
dari siswa lainnya. Hal ini juga dibenarkan oleh ibuk DK selaku wali kelas II,
beliau mengatakan bahwa tidak ada pengkhususan dalam kegiatan pembelajaran
bagi anak autis tersebut. Selain itu guru juga dapat mengatasi kendala yang
dihadapi saat pembelajaran berlangsung di kelas.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa tidak ada program khusus yang dirancang guru untuk anak autis, serta
tidak ada perbedaan pengajaran saat PBM. Untuk itu, peneliti menyarankan agar
guru mampu membuat program khusus bagi anak autis sehingga perkembangan
anak lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 02:38 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 02:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7984 |