Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim di Kelas XI IPS 4 SMA N 2 Padang Panjang

Nasrul, Fauzy (2014) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim di Kelas XI IPS 4 SMA N 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_FAUZY_NASRUL_97156_856_2014.pdf] Text
B1_2_FAUZY_NASRUL_97156_856_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah terutama di kelas XI IPS 4 di SMA N 2 Padang Panjang. Pembelajaran sejarah yang dilakukan hanya bersifat tradisional yang mengakibatkan tidak diperhatikan aktivitas belajar siswa oleh guru sehingga siswa kurang dapat memahami konsep dan materi pembelajaran. Dengan kata lain pembelajaran hanya terfokus pada pencapaian materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim di Kelas XI IPS 4 SMA N 2 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus berlangsung tiga pertemuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi. Subjek penelitian adalah siswa di kelas XI IPS 4 SMA N 2 Padang Panjang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang belum terlalu tinggi pada siklus pertama. Untuk itu penulis melakukan beberapa perubahan dalam siklus kedua yaitu mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada siklus pertama yaitu memotivasi siswa dengan pemberian nilai bonus bagi anggota yang aktif. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, maka terjadi peningkatan aktivitas siswa seperti: membaca buku catatan dan buku teks 67,6%, membaca LKS 71,4%, bertanya kepada teman 60,6% siswa bertanya kepada guru 59,5%, siswa menjawab pertanyaan teman 52,3%, siswa menjawab pertanyaan guru 11,8%, siswa mendengar penjelasan guru 51,1%, siswa mendengar pertanyaan teman 64,2%, siswa mendengar jawaban yang muncul 61,8%, siswa mencatat pertanyaan yang muncul 58,3%, siswa mencatat jawaban yang muncul 55,9%, siswa mencatat penjelasan guru 64,2%, siswa mencatat ketika membaca buku teks 73,7%Hasil yang didapatkan dari siklus 2 adalah 13 deskriptor yang digunakan sudah mencapai kategori baik dan sedang. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe kuis tim dapat meningkatkan akitivitas belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMA N 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS BELAJAR SEJARAH, STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KUIS TIM
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:32
Last Modified: 25 Apr 2025 02:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7974

Actions (login required)

View Item
View Item