Lubis, Jenny Mulyadi RD (2015) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_JENNY_MULYADI_942_2015.pdf [thumbnail of B1_03_JENNY_MULYADI_942_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_JENNY_MULYADI_942_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining di SMKN 1 Padang. Masalah yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah pada mata pelajaran DPL proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan menggunakan media sederhana. Selain itu kurangnya minat dan motivasi belajar siswa menyebabkan minimnya aktifitas siswa dalam proses pembelajarannya. Permasalahan ini membuat nilai yang dicapai para siswa sebagian besar masih berada dibawah KKM sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang bervariasi dan menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL-A SMKN 1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 32 orang siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest. Tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 item soal uji coba pretest dan 40 item soal uji coba posttest. Setelah dianalisis diperoleh 25 item untuk pretest dan 35 item untuk posttest. Data hasil belajar dianalisa dengan menggunakan rumus gain score. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data fakta yang menunjukkan ratarata skor pretest sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran SFAE sebesar 70 dan rata-rata skor posttest setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran SFAE sebesar 81,57. Data pretest dan posttest harus diuji normalitas dengan ketentuan X i 2 hitung < X 2 tabel . Setelah data pretest dan posttest berdistribusi normal barulah dapat dilakukan uji peningkatan hasil belajar. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus gain score menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 0,386 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di Kelas X TIPTL-A SMKN 1 Padang dengan penerapan model pembelajaran SFAE.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | odel Pembelajaran, Facilitator And Explaining |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 09:16 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7949 |