enerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VII Di SMP

Putri, Jenni Aulia Rahma (2020) enerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VII Di SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_JENNI_AULIA_16004043_2544_2020.pdf] Text
B1_03_JENNI_AULIA_16004043_2544_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seperti yang kita ketahui pencapaian tujuan proses pembelajaran peran guru sangat penting dalam upaya-upaya membangun kreativitas kemampuan kognitif dan juga meningkatkan prestasi peserta didik didalam pembelajaran, dalam pencapaian upaya tersebut dalam proses pembelajaran tergantung metode dan juga model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu metode atau model yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas atau kemampuan kognitif siswa didalam proses pembelajaran adalah salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada mata pelajaran PKN kelas VII di SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian studi literatur dengan menelaah 13 jurnal yang relevan dengan penelitian penulis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data penelitian diperoleh dari artikel yang terdapat pada berbagai jurnal. Data yang dilakukan pada penelitian ini adalah diambil dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber-sumber yang berhubungan erat dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Bardasarkan hasil jurnal dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif di tingkat SD, SMP dan SMA menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) baik dari satuan pendidikan ataupun mata pelajaran. Penelitian ini dibuktikan dengan menelaah 13 jurnal yang menggunakan metode kuantitatif. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dibandingkan dengan kelas kontrol yang belajar secara konvesional. Hasil penelitian diperoleh dari menganalisis 13 jurnal yang menggunakan metode kuantitatif. Model kooperatif tipe NHT dapat memperbaiki kehadiran siswa, saling menghargai pendapat teman serta mengembangkan rasa percaya diri siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran numbered heads together (NHT), Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 24 Apr 2025 09:12
Last Modified: 24 Apr 2025 09:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7943

Actions (login required)

View Item
View Item