Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 5 Padang

Jemaat, Jemaat (2017) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_JEMAAT_1308845_5052_2017.pdf] Text
B1_03_JEMAAT_1308845_5052_2017.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas X TITL1 di SMK Negeri 5 Padang pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik (DPL) pada kompetensi dasar memahami kondisi operasi dan spesifikasi piranti-piranti elektronika daya dalam rangkaian elektronik, yang mana masih banyak siswa belum mencapai KKM yaitu 75. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa adalah model pembelajaran. Untuk melihat peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Model Pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik setelah melaksanakan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain pretest-posttest control design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL1(eksperimen) berjumlah 32 siswa dan TITL2 (kontrol) berjumlah 29 siswa di SMK N 5 Padang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test hasil belajar pretest dan postest berupa soal objektif sebanyak 25 item untuk pretest dan 25 item untuk postest. Data hasil penelitian kemudian diuji menggunakan uji normalitas dengan X 1 hitung 3,01 untuk nilai pretest kelas eksperimen, dan X i 1 hitung 9,30 untuk nilai postest pada kelas eksperimen, X 2 hitung 3,33 untuk nilai pretest kelas kontrol, dan X 2 hitung 5,41 untuk nilai postest kelas kontrol. Data teruji normal kemudian di analisa menggunakan uji homogenitas,uji hipotesis dan effect size sehingga didapatkan hasil data homogen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen, dimana nilai rata-rata pretest dari kelas eksperimen adalah 71,19 dan rata-rata nilai postest adalah 81,88. Hasil uji hipotesi menyatakan bahwa t hitung > t yang berarti bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK N 5 Padang. Selanjutnya, diperoleh hasil uji effect size sebesar 0,6. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat mempengaruhi hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik peserta didik sebanyak 73%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dasar dan Pengukuran Listrik, Problem Based Learning, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:47
Last Modified: 24 Apr 2025 08:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7939

Actions (login required)

View Item
View Item