Nelcha, Andari (2017) Pengaruh Penerapan Model LC (Learning Cycle) 5E dengan Berbantuan Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ANDARI_NELCHA_1200407_128_2017.pdf [thumbnail of B1_03_ANDARI_NELCHA_1200407_128_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ANDARI_NELCHA_1200407_128_2017.pdf
Download (12MB)
Abstract
Model LC 5E salah satu model pembelajaran yang mampu mengaktifkansiswa dan motivasi siswa. Dengan adanya model pembelajaran LC 5E dapat mengatasi masalah kurangnya antusias siswa dalam mengemukakan pendapat danbertanya, rendahnya minat belajar dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian adalahuntuk mengetahui apakah model LC 5E berpengaruh terhadap hasil belajarBiologi siswa di kelas X di SMA N 8 Padang tahun ajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasyexperimental. Populasi penelitian adalah siswa kelas kelas X di SMA N 8 Padang yang berjumlah 284 orang yang terdiri dari 9 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas X.5 sebagai kelas kontrol dan X.6sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpuldata yang digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalampenelitian ini adalah hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa.Data diolah dengan menggunakan T-test.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen82,6 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 76,4. Berdasarkan perhitungan Hasilperhitungan t-test ini dibandingkan dengan t tabel dengan df = (N1 – 1) + (N2 –1) = 48. Berdasarkan t tabel untuk ɑ 0,05 dengan df 48 adalah 2,021. Diperoleh2,650 > 2,021 sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model LC 5E dengan berbantuan modul pada mata pelajaran Biologi di kelas X diSMA N 8 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan model LC (Learning Cycle) 5E |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:45 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7932 |