Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak Tunarungu Kelas VI Dengan Menggunakan Teknik Membaca Isian Rumpang di SLB N 2 Padang Sarai: Single Subject Research

aulia, Resti (2012) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak Tunarungu Kelas VI Dengan Menggunakan Teknik Membaca Isian Rumpang di SLB N 2 Padang Sarai: Single Subject Research. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RESTI_AULIA_01153_4532_2012.pdf] Text
B1_2_RESTI_AULIA_01153_4532_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada seorang anak tunarungu X kelas VI di SLB N 2 Padang sarai, dari hasil pengamatan ditemui anak dalam membaca lancar, tapi dalam memahami bacaan, kemampuan anak masih rendah, terlihat jawaban anak masih banyak yang dikosongkan. Maka dari itu peneliti ingin meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak tunagrungu x melalui teknik membaca isian rumpang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain A – B. Ukuran target behaviornya dengan persentase, anak disuruh menkawab soal uji kemampuan membaca pemahaman, kemudian peneliti mencatat hasilnya dan dihitung menggunakan persentase, berapa persen anak dapat menjawab soal-soal yang diberikan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis visual grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan antar kondisi.
Setelah data dianalisis, maka didapat persentase kemampuan membaca pemahaman yang tertinggi pada kondisi baseline adalah 20,00 % ini menandakan kemampuan membaca pemahaman anak masih rendah. Sedangkan pada kondisi intervensi persentase yang didapat adalah 100%, artinya kemampuan membaca pemahaman anak jauh lebih meningkat. Pada kondisi baseline tingkat level perubahan adalah 8,89 % (+) artinya menunjukkan ke arah positif bahwa persentase kemampuan membaca pemahaman yang didapat selama kondisi baseline sedikit naik namun persentasenya masih rendah. Sedangkan untuk intervensi adalah 64,44% (+) artinya menunjukkan ke arah yang positif bahwa persentase kemampuan membaca pemahaman yang didapat selama kondisi intervensi jauh meningkat dibandingkan dengan kondisi baseline. Sedangkan untuk persentase overlape didapat sebanyak 0 %, semakin kecil persentase overlape maka semakin baik pengaruh intervensi terhadap target behaviour. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima yaitu teknik membaca isian rumpang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu kelas VI di SLN Negeri 2 Padang sarai. Maka dapat disarankan kepada guru, kepala sekolah, bahwa teknik membaca isian rumpang dapat dipakai dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:43
Last Modified: 24 Apr 2025 08:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7925

Actions (login required)

View Item
View Item