Putri, Adelia (2023) Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_ADELIA_PUTRI_19058037_3723_2023.pdf [thumbnail of B1_04_ADELIA_PUTRI_19058037_3723_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_ADELIA_PUTRI_19058037_3723_2023.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Padang Panjang. Dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, sekolah ini melakukan pemetaan kelas berdasarkan karakteristik gaya belajar siswa, sedangkan seharusnya pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan pada siswa yang bersifat heterogen. Realita tersebut membawa peneliti pada satu pertanyaan yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Padang Panjang dengan siswa yang sudah bersifat homogen. Untuk menganalisis penelitian ini, penulis menggunakan Teori Struktural Fungsional Talcott Parson skema AGIL yaitu Adaptation, Goal Attainment, Integration, dan Latency. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus intrinsik. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling, dengan jumlah informan 7 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Padang Panjang berbeda dengan ketentuan yang seharusnya dan teori yang ada. Diantaranya melakukan pemetaan kelas berdasarkan karakteristik gaya belajar siswa, lalu mendeferensiasikan konten, proses dan produk kepada kelas yang sudah bersifat homogen. Sehingga pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sosiologi menjadi kurang efektif, karena guru merasa kesulitan dan kewalahan menghadapi siswa yang bersifat homogen.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan; Pembelajaran berdiferensiasi; Mata pelajaran sosiologi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:36 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7924 |