Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Terintegrasi Pendidikan Karakter Berbasis Strategi Genius Learning Pada Materi Hukum Newton kelas X SMA

Srimulyati, Srimulyati (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Terintegrasi Pendidikan Karakter Berbasis Strategi Genius Learning Pada Materi Hukum Newton kelas X SMA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SRIMULYATI_1204209_3201_2015.pdf] Text
B1_3_SRIMULYATI_1204209_3201_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa perangkat pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan karakter berbasis strategi Genius Learning sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik pada materi hukum Newton kelas X SMA. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Alung. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar praktikalitas, angket dan tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari: (1) investigasi awal; (2) tahap desain/perencanaan; dan (3) tahap tes, evaluasi dan revisi. Tahap investigasi awal dilakukan dengan analisis kurikulum, analisis konsep, analisis kondisi lapangan, analisis peserta didik. Tahap desain/perencanaan dilakukan dengan perancangan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, LKPD, modul dan penilaian. Tahap tes,evaluasi dan revisi dilakukan uji validitas melalui lembar validasi perangkat pembelajaran, uji praktikalitas melalui lembar praktikalitas perangkat pembelajaran, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Uji efektivitas diperoleh dari penilaian kompetensi pengetahuan, karakter, keterampilan dan aktivitas peserta didik. Hasil tahap investigasi awal diperoleh melalui analisis kurikulum, analisis konsep, analisis kondisi lapangan, dan analisis peserta didik. Hasil tahap desain/perencanaan diperoleh dari perancangan perangkat pembelajaran. Pada tahap tes, evaluasi dan revisi didapatkan perangkat yang telah dikembangkan berada pada kategori valid. Pada tahap uji praktikalitas perangkat yang dikembangkan berada pada kategori praktis. Hasil analisis efektivitas perangkat berada pada kategori sangat efektif yang dapat dilihat dari nilai pengetahuan terdapat 87,5% peserta didik memperoleh nilai tuntas, pada penilaian karakter 71,6% peserta didik mulai berkembang, pada penilaian keterampilan 75,6% peserta didik memperoleh nilai tuntas, dan pada penilaian aktivitas 78,8% peserta didik aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan karakter berbasis strategi Genius Learning telah valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fisika, Pendidikan Karakter, Genius Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:35
Last Modified: 24 Apr 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7922

Actions (login required)

View Item
View Item