Efektivitas penggunaan Modul Berbasis Mind Map Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di MTsN Pauh Kambar

Jefrinaldi, Jefrinaldi (2017) Efektivitas penggunaan Modul Berbasis Mind Map Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di MTsN Pauh Kambar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_JEFRINALDI_1100421_989_2017.pdf] Text
B1_03_JEFRINALDI_1100421_989_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam proses pembelajaran IPA di kelas VIII MTsN Pauh Kambar. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa diketahui materi yang diberikan oleh guru tidak menarik dan penjelasan materi dari guru membosankan. Diperlukan media untuk menunjang pembelajaran IPA agar pembelajaran lebih efektif sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Salah satu media yang dapat digunakan adalah modul. Dengan menggunakan modul, siswa dapat mempelajari sendiri materi pelajaran secara mandiri, kapanpun dan dimanapun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk metode Quasy Eksperimen yang bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan media komik terhadap hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII di MTsN Pauh Kambar. Dalam penelitian ini siswa dikelompokkan menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen 20 orang dan kelas control 20 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan yaitu menggunakan modul, sedangkan kelas kontrol hanya menggunakan buku cetak. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 81,2 sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 70,25. Dari nilai rat-rata tersebut, dapat dilihat bahwa kelompok eksperimen yang belajar dengan menggunakan modul berbasis mind map memperoleh nilai “lebih tinggi” dibandingkan dengan kelompok kontrol yang belajar dengan mengunakan buku cetak. Pengujian perbedaan mean dengan menggunakan uji t menunjukkan t hitung (3,338) lebih besar dari t tabel (2,024 dk 38) pada taraf signifikan  0,05. Dengan demikian terdapat perbedan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penggunaan Modul Mind Map, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:32
Last Modified: 24 Apr 2025 08:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7912

Actions (login required)

View Item
View Item