Akbar, Pradeta Surya (2014) Pengaruh Penggunaan Modul Bernuansa Kontekstual dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kompetensi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_PRADETA_SURYA_AKBAR_12650_2913_2016.pdf [thumbnail of B1_3_PRADETA_SURYA_AKBAR_12650_2913_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_PRADETA_SURYA_AKBAR_12650_2913_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat, kurang memadai dan kurang optimal akan menyebabkan rendahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai maksimal. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan siswa adalah modul. Dengan penggunaan modul kontekstual dapat mengefisienkan waktu yang terbatas dalam penyampaian materi. Penggunaan modul bernuansa kontekstual akan memberikan dampak yang positif bagi siswa serta tercapainya kompetensi yang diharapkan. Salah satu strategi yang dapat membantu aktivitas belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan modul bernuansa kontekstual dengan buku yang biasa digunakan dalam pembelajaran IPA di SMPN 4 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan The Static Group Compariso . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VIIb sebagai kelas eskperimen dan kelas VIIc sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t Hasil uji hipotesis pada ranah kognitif didapatkan t (2,02) besar dari t tabel (1,67), pada ranah afektif didapatkan t i hitung hitung (3,41) besar dari t (1,67) dan pada ranah psikomotor didapatkan t hitung (2,62) besar dari t (1,67) berarti hipotesis diterima. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan, dengan kata lain lebih terlihat peningkatan kompetensi belajar biologi siswa yang menggunakan media pembelajaran berupa modul bernuansa kontekstual daripada media pembelajaran berupa buku pada pembelajaran kooperatif tipe STAD pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dengan materi klasifikasi makhluk hidup.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STAD, Kompetensi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:22 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7901 |