Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pecahan Peserta Didik Kelas IV SD

Fitriadi, Fitriadi (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pecahan Peserta Didik Kelas IV SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FITRIADI_19124016_19124016_2780_2022 .pdf] Text
B1_1_FITRIADI_19124016_19124016_2780_2022 .pdf

Download (569kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
berbasis metode Penemuan terbimbing yang memiliki karakteristik valid, praktis,
dan efektif dalam rangka meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa
kelas IV SD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mencakup rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja Peserta Didik (LKPD) . Subjek
penelitian ini adalah peserta didik k elas IV SDN 01 Pakan Rabaa.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan
model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap,
yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan prototipe, dan tahap
penilaian. Pada tahap pendahuluan dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis
kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Pada tahap pengembangan
prototipe dilaksanakan evaluasi formatif.
Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh perangkat
pembelajaran berupa RPP dan LKPD matematika berbasis penemuan terbimbing
untuk kelas IV semester 1 yang valid, praktis dan efektif. Valid dari aspek isi,
penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Praktis dari segi keterlaksanaan, waktu,
kemudahan dan penggunaan. Dan efektif dari segi dampak potensialnya terhadap
kemampuan pemecahan masalah peserta didik

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:20
Last Modified: 24 Apr 2025 08:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7900

Actions (login required)

View Item
View Item