Pengaruh Teknik Rangsangan Aktivasi Otak denganAl-Quran terhadap Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Sabbihisma Padang

Fitri, Ade Rahma (2016) Pengaruh Teknik Rangsangan Aktivasi Otak denganAl-Quran terhadap Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Sabbihisma Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ADE_RAHMA_FITRI_1101299_5669_2016.pdf] Text
B1_04_ADE_RAHMA_FITRI_1101299_5669_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran di SMP Sabbihisma Padang masih didominasi oleh metode konvensional (teacher centered learning) dan sesekali menerapkan diskusi, sehingga motivasi belajar siswa menjadi berkurang dan hasil pencapaian kompetensi belajar siswa rendah. Al-Qur’an mampu mempertajam ingatan dan membuat pemikiran jadi cemerlang bagi pembaca dan pendengarnya. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memberikan perlakuan TRAO dengan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik rangsangan aktivasi otak dengan Al-Qur’an terhadap kompetensi belajar IPA siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Posttest Only Design terhadap kompetensi belajar. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling, kelas VII Pa 2 dan VII Pi 2 sebagai kelas eksperimen, Kelas VII Pa 1 dan VII Pi 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar dan lembar penilaian sikap. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan uji-t. Hasil analisis data kompetensi siswa pada dua kompetensi siswa tersebut menunjukkan bahwa X eks >X kon . Kompetensi kognitif kelas data sampel putra, X eks =65,13 dan X kon =64,11, sedangkan pada kelas data sampel putri diketahui X eks =55,63 dan X kon =52,71. Kompetensi afektif kelas data sampel putra, X eks =47,06 dan X kon =45,38 sedangkan pada kelas data sampel putri X i eks =76,71 dan X kon =70,90. Namun hasil uji-t menunjukkan bahwa t hitung <t tabel , maka hipotesis alternatif ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh yang berarti dari penerapan teknik rangsangan aktivasi otak dengan Al-Qur’an terhadap kompetensi kognitif dan afektif siswa putra dan putrikelas VII SMP Sabbihisma Padang yang diberikan selama 3-7 menit.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik Rangsangan Aktivasi Otak, Al-Qur’an, kognit if, dan afektif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:19
Last Modified: 24 Apr 2025 08:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7896

Actions (login required)

View Item
View Item