Pengaruh Penggunaan Media Flashcard terhadap Kemampuan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas II SD Negeri 03 Batu Banyak Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok

Ramadhani, Popi (2016) Pengaruh Penggunaan Media Flashcard terhadap Kemampuan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas II SD Negeri 03 Batu Banyak Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_POPI_RAMDHANI_1100391_1256_2016.pdf] Text
B1_3_POPI_RAMDHANI_1100391_1256_2016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 03 Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok ditemukan masalah bahwa masih banyak siswa kelas II yang kesulitan dalam membaca dan tingkat kemampuan membaca siswa pun masih tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah berpengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di di SD Negeri 03 Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di di SD Negeri 03 Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok yang berjumlah 62 orang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik yang digunakan apabila peneliti mempunyai pertimbangan tertentu dalam menetapkan sampel sesuai dengan tujuan penelitiannya. Sampel penelitian ini adalah kelas I1.a sebagai kelas eksperimen dan II.b sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas tersebut berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Setelah diperoleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan media flashcard adalah 78,95 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 69,8. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t 2,35 sedangkan pada taraf kepercayaan α 0,05 t tabel i 2,04, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 03 Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flashcard, Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:18
Last Modified: 24 Apr 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7891

Actions (login required)

View Item
View Item