Pemanfaatan Perpustakaan dalam Pembelajaran Kurikulum Terintegrasi di Sekolah Dasar Sekolah Alam Minangkabau

Radyuli, Popi (2012) Pemanfaatan Perpustakaan dalam Pembelajaran Kurikulum Terintegrasi di Sekolah Dasar Sekolah Alam Minangkabau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_POPI_RADYULI_88402_1604_2012.pdf] Text
B1_3_POPI_RADYULI_88402_1604_2012.pdf

Download (743kB)

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sekolahalam Minangkabau merancang salah satu muatan lokalnya yaitu kunjungan pustaka. Kunjungan pustaka ini diwajibkan untuk kelas 1-3 SD. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana ”Pemanfaatan Perpustakaan Dalam Pembelajaran Kurikulum Terintegrasi Di Sekolah Dasar Sekolahalam Minangkabau”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan, pengelolaan, dukungan, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan perpustakaan dalam pembelajaran kurikulum terintegrasi di Sekolah Dasar Sekolahalam Minangkabau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti berusaha mengungkapkan dan memahami kenyataan yang ada di lapangan sebagaimana adanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pustakawan dan fasilitator kelas 1-3 Sekolah Dasar Sekolahalam Minangkabau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan adalah melakukan pengamatan secara terus menerus terhadap objek penelitian serta berupaya untuk tidak mempengaruhi data di lapangan, dan membandingkan data yang diperoleh dengan sesuatu yang lain di luar data untuk membandingkan terhadap data tersebut. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pemanfaatan perpustakaan dengan kunjungan pustaka sudah terlaksana dengan baik. Hanya saja masih ada kekurangan yaitu jumlah koleksi yang belum variatif, tenaga pustakawan yang tidak relevan dengan latar belakang pendidikannya, namun hal ini tidak terlalu berpegaruh terhadap pemanfaatan perpustakaan melalui kegiatan kunjungan pustaka.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Kurikulum, Sekolah Dasar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:17
Last Modified: 24 Apr 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7885

Actions (login required)

View Item
View Item