Meningkatkan Kemampuan Pengukuran Waktu Melalui Media Diorama: Classroom Action Research pada Anak Tunarungu Kelas D.III SLB Amanah Bunda Sitapung Ampek Angkek Kab. Agam

Suhaimi, Suhaimi (2012) Meningkatkan Kemampuan Pengukuran Waktu Melalui Media Diorama: Classroom Action Research pada Anak Tunarungu Kelas D.III SLB Amanah Bunda Sitapung Ampek Angkek Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SUHAIMI_93479_2317_2012.pdf] Text
B1_2_SUHAIMI_93479_2317_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak tunarungu kelas D.III belum mampu menyelesaikan soal tentang pengukuran waktu. Dimana dalam menyelesaikan soal anak belum mampu memahami soal cerita yang dianggap abstrak sehingga perhitungannya salah. Hal ini disebabkan media yang digunakan belum mampu mengkonskritkan materi yang abstrak. Oleh sebab itu dalam penelitian ini digunakan media diorama. Dengan demikian tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pengukuran waktu pada anak tunarungu kelas D.III melalui media diorama Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat pada tiga orang subjek penelitian yaitu anak tunarungu kelas D.III SLB Amanah Bunda Sitapung Ampek Angkek Kab. Agam. Data diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran pengukuran waktu dengan menggunakan media diorama dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan (kegiatan awal, inti dan akhir), observasi, analisis dan dan refleksi. 2) Hasil dari pembelajaran dengan menggunakan media diorama terhadap kemampuan pengukuran waktu meningkat. Hal ini dapat dilihat sebelum perlakuan anak belum bisa menyelesaikan soal dengan benar, tapi setelah siklus I telah meningkat yakni IH telah memperoleh nilai (7), RS memperoleh nilai (5) dan RK dengan nilai (4). Sedangkan pada siklus II semakin meningkat dengan memperoleh nilai pada IH (10), RS (9) dan RK (8) dari 10 soal yang diujikan. Dengan demikian, dapat disarankan pada pihak sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan media diorama dalam pengukuran waktu atau perhitungan soal cerita lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pengukuran Waktu, Anak Tunarungu, Media Diorama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:17
Last Modified: 24 Apr 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7884

Actions (login required)

View Item
View Item