Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 22 Padang

Yunita, Ameria (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 22 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_AMERIA_YUNITA_14031024_3304_2018.pdf] Text
B1_03_AMERIA_YUNITA_14031024_3304_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini didasari dari permasalahan yang ada di SMPN 22 Padangyaitu pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat, hasil belajar IPA siswa masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran advance organizer pada materi pemanasan global di SMPN 22 Padang. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaranadvance organizer terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 22 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancanganpenelitian randomized control group posttest only design. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMPN 22 Padang yang terdaftar padaTahun Ajaran 2017/2018 berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VII.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagaikelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal post test untuk kompetensi pengetahuan. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan modelpembelajaran advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa(kompetensi pengetahuan) di SMPN 22 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Advance organizer, Model pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:16
Last Modified: 24 Apr 2025 08:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7879

Actions (login required)

View Item
View Item