Enriching Elementary School Students’ Vocabulary Mastery by Using Number Heads Together Teaching Technique

Wahyuni, Sri (2012) Enriching Elementary School Students’ Vocabulary Mastery by Using Number Heads Together Teaching Technique. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SRI_WAHYUNI_85900_3224_2012.pdf] Text
B1_3_SRI_WAHYUNI_85900_3224_2012.pdf

Download (454kB)

Abstract

Di dalam pembelajaran bahasa Inggris, sebagian siswa mempunyai kesulitan dalam mempelajari kosakata. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik yang datang dari siswa, guru, maupun materi ajar yang disajikan. Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu siswa dan guru sekolah dasar dalam memperkaya kosakata bahasa inggris siswa Sekolah Dasar dengan menggunakan teknik Numbered Heads Together. Adapun rumusan masalah dalam penulisan ini adalah: bagaimanakah penerapan teknik Numbered Heads Together dalam memperkaya kosakata bahasa Inggris siswa Sekolah Dasar? Penulis memilih teknik Numbered Heads Together (NHT) karena merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran. Selanjutnya, teknik ini memberikan kesempatan yang sama kepada siswa untuk saling membagikan ide- ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain itu, teknik ini juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja sama mereka. Berdasarkan uraian di atas, penulis menyarankan agar guru bahasa Inggris dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together ini sebagai salah satu alternatif untuk mencapai tujuan belajar. Dengan menggunakan teknik ini, maka akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide- ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat sehingga dapat memperkaya kosakata bahasa Inggris siswa, dan mereka akan merasa lebih rileks dan tidak merasa terbebani ataupun bosan dalam mengikuti pelajaran bahasa Inggris. Selain itu, teknik ini juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat belajar mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Vocabulary Mastery, Numbered Heads Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 24 Apr 2025 07:40
Last Modified: 24 Apr 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7836

Actions (login required)

View Item
View Item