Wahyuni, Sri (2014) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Interaktif Pada Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SRI_WAHYUNI_57221_5665_2014.pdf [thumbnail of B1_3_SRI_WAHYUNI_57221_5665_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SRI_WAHYUNI_57221_5665_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan belum dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara optimal.Hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Untuk itu, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran interaktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan?”. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan pada semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data diperoleh dari hasil tes proses pembelajaran yang diolah dengan teknik persentase, dan hasil dapat dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan perorangan dan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan Model Pembelajaran Interaktif pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan sehingga tercapai indikator pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 63,33% dan siklus II siswa yang tuntas mencapai 86,67%. Peningkatan aktivitas siswa mengerjakan tugas dalam LKS 100%, aktivitas mempresentasikan hasil kerja ke depan kelas 100%, siswa yang mengajukan pertanyaan 86,67%, siswa menjawab pertanyaan 90%, siswa yang mengemukakan pendapat 86,67%, serta siswa yang membuat kesimpulan 100%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, interaktif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:39 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7830 |