Kbarek, Amalia (2017) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika Kelas X TITL di SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_AMALIA_KBAREK_1308858_3048_2017.pdf [thumbnail of B1_03_AMALIA_KBAREK_1308858_3048_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_AMALIA_KBAREK_1308858_3048_2017.pdf
Download (15MB)
Abstract
https://repositoPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar pada matapelajaran Memahami Dasar-dasar Elektronika (MDDE), akibatnya mempengaruhihasil belajar siswa sehingga tidak tercapai tujuan pembelajaran secara optimal.Hal ini dilihat dari masih banyak hasil belajar siswa yang belum mencapaiKriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Oleh karena itu diperlukan pengembanganLKS agar dapat membantu siswa belajar secara mendiri dengan kecepatan dankemampuannya sendiri.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research andDevelopment) dengan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakanmenjadi 5 tahap yaitu pengumpulan informasi, perencaan, pengembangan danvalidasi, uji coba dan desimenasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah LKSmata pelajaran MDDE pada kompetensi dasar menggambar karakteristikkomponen elektronika dengan indikator menggambar karakteristik dioda, diodazener dan transistor melalui pengujian. Responden penelitian ini adalah guru dansiswa kelas X TITL di SMK Negeri 1 Pariaman. Pengumpulan data penelitianvaliditas menggunakan angket validasi yang diberikan kepada dua orang dosensabagai validator ahli, dua guru sebagai responden uji coba skala terbatas danempat arang guru sebagai responden uji coba skala luas. Data praktikalitasmenggunakan angket praktikalitas yang diberikan kepada dua orang guru pada ujicoba skala terbatas, empat orang guru pada uji coba skala luas dan siswa kelas XTITL. Data efektivitas diperoleh dari ujicoba efektivitas skala terbatas denganmelibatkan 10 siswa dan 34 siswa pada uji coba skala luas.Hasil pengujian validitas LKS yaitu ahli media adalah 0,88 (valid) dan ahlimateri 0,75 (valid). Validitas responden uji coba skala terbatas 0,85 (valid) dan ujicoba skala luas 0,89 (valid). Hasil praktikalitas guru uji coba skala terbatas89,09% (praktis) dan uji coba skala luas 95% (sangat praktis). Hasil praktikalitassiswa uji coba skala terbatas 82,8% (paktis) dan uji coba skala luas 90,1 (sangatpraktis). Hasil uji efektivitas uji coba skala terbatas persentase ketuntasan 80%dan uji coba skala luas 88%. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkanLKS mata pelajaran MDDE yang valid praktis dan efektif. y.unp.ac.id/cgi/users/home?screen=EPrint::Edit&eprintid=7823&stage=core#t
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan LKS, Memahami dasar-dasar elektronika, Borg & Gall |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:38 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7823 |