Teaching Speaking by Using Story Game to Elementary School Students

Wahyuni, Sri (2012) Teaching Speaking by Using Story Game to Elementary School Students. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SRI_WAHYUNI_01635_5856_2012.pdf] Text
B1_3_SRI_WAHYUNI_01635_5856_2012.pdf

Download (590kB)

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara mengajarkan speaking atau berbicara dengan menggunakan sebuah permainan yang disebut dengan story game untuk anak-anak. Mengajarkan keterampilan berbicara untuk anak-anak bukanlah hal yang mudah karena anak-anak sangat mudah bosan selama proses pembelajaran. Story game adalah salah satu permainan yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pengajaran keterampilan berbicara di dalam kelas. Permainan ini akan memotivasi siswa untuk berbicara dalam berbagai situasi atau konteks yang dekat dengan siswa tersebut, yaitu melalui cerita. Langkah-langkah dalam pengajaran speaking dengan story game yaitu preparation, pre-teaching, whilst-teaching dan post-teaching. Pada preparation guru mempersiapkan materi deskriptif teks, media ajar yang akan digunakan, picture cards dan rencana pengajaran. Pada pre-teaching guru mengaktifkan latar belakang pengetahuan murid dengan memperlihatkan video yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Pada whilst-teaching menerangkan berbagai ekspresi yang bisa digunakan pada tindak tutur meminta dan memberi jasa, melakukan role play atau bermain peran, dan membagi siswa ke dalam empat kelompok untuk memainkan story game. Pada post-teaching guru menyimpulkan pelajaran dan memutarkan video yang berisikan sebuah lagu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Teaching Speaking, Story Game
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 24 Apr 2025 07:37
Last Modified: 24 Apr 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7819

Actions (login required)

View Item
View Item