Rasyida, Isro (2019) Persepsi Guru-Guru SMK Terhadap MGMPdan UPTD Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan dalam Pembelajaran Simulasi Digital di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ISRO_RASYIDA_14004022_697_2019.pdf [thumbnail of B1_03_ISRO_RASYIDA_14004022_697_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ISRO_RASYIDA_14004022_697_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Guru memiliki peranan yang sangat penting untuk terwujudnya pembelajaran yang efektif. Untuk meningkatkan profesionalisme guru SIMDIG dalam pembelajaran, guru-guru berdiskusi melalui forum MGMP yang diselenggarakan di sekolah secara bergiliran. Dalam kegiatan MGMP dibahas berbagai aspek yang berkaitan dengan materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap MGMP dan UPTD Baltekkomdik dalam pembelajaran Simulasi Digital di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi adalah guru-guru SIMDIG SMK yang mengikuti diskusi di MGMP, dengan sampel yang berjumlah 31 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Persepsi guru secara umum terhadap MGMP dan UPTD Baltekkomdik yaitu Program UPTD Baltekkomdik pada kategori baik (63,23%), Kegiatan MGMP sangat baik (87,15%), pengelolahan program MGMP dan persepsi sangat baik 85,99%, Harapan terhadap MGMP sangat baik (85,65%), Motivasi mengikuti MGMP dan UPTD Baltekkomdik sangat baik (85,65 %), Informasi yang diperoleh dari MGMP juga sangat baik (88,17%), Pengetahuan yang diperoleh dari MGMP sangat baik (88,55%), Kebutuhan untuk kompetensi MGMP pada kategori sangat baik (86,27%), kendala dalam anggaran MGMP (75,48%) kategori cukup, tingkat kehadiran guru (48,77%) kategori cukup, kendala dalam pelaksaan pelatihan oleh UPTD Baltekkomdik (75,3%) kategori baik, kendala dalam pemantauan kegiatan guru (73,55) kategori baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Guru, Peran MGMP dan UPTD, Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:35 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7813 |