Musyani, Yuri (2019) Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas II di SDN 09 Koto Luar (Single Subject Research). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_YURI MUSYANI_14003154_207_2019.pdf [thumbnail of B1_02_YURI MUSYANI_14003154_207_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_YURI MUSYANI_14003154_207_2019.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang anak berkesulitan belajar
matematika kelas II di SDN 09 Koto Luar, yang belum bisa menentukan nilai
tempat dalam pembelajaran matematika. Sehingga anak tersebut sering menukar
nilai tempat antara satuan, puluhan dan ratusan. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menjelaskan efektivitas pendekatan realistic mathematics education dalam
meningkatkan hasil belajar matematika bagi anak berkesulitan belajar kelas II di
SDN 09 Koto Luar, Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen dalam bentuk Single Subject Research dengan menggunakan desain
A-B-A. Kegiatan penelitian ini dilakukan sebanyak 14 kali pertemuan. Pada
kondisi baseline pertama (A1) sebanyak empat kali pertemuan, sedangkan pada
kondisi intervensi (B) dilakukan enam kali pertemuan, dan pada kondisi baseline
kedua (A2) sebanyak empat kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan realistic mathematics
education efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi anak
berkesulitan belajar kelas II di SDN 09 Koto Luar, dalam hal ini pada materi
menentukan nilai tempat satuan, puluhan, dan ratusan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:34 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7810 |