Mulia, Sri Rizki (2014) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII SMPN 2 Palupuh Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SRI_RIZKI_MULIA_95995_462_2014.pdf [thumbnail of B1_3_SRI_RIZKI_MULIA_95995_462_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SRI_RIZKI_MULIA_95995_462_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti tentang pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMPN 2 Palupuh Kabupaten Agam, dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan pembelajaran konvensional. Akibatnya siswa kurang tertarik pada materi yang akan disampaikan guru dalam proses pembelajaran, sehingga siswa kurang memahami materi tersebut. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan penyempurnaan dari strategi pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa. Salah satunya yaitu Strategi Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensi dan pembelajaran konvensional di Kelas VIII SMP Negeri 2 Palupuh Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palupuh Kabupaten Agam yang berjumlah 62 orang yang terdiri dari 3 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan VIII.C sebagai kelas kontrol masing-masingnya berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Data diolah dengan uji perbedaan (t-test) dengan α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen 78 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 70,8. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,71 sedangkan t tabel 2,0211 pada taraf kepercayaan 0,05, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunan Strategi Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensi terhadap belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII SMP Negeri 2 Palupuh Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensi, Pembelajaran Konvensional, Kontrol dan Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:30 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7798 |