Utami, Nita Putri (2014) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Think Pair Square terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Painan Tahun Pelajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_NITA_PUTRI_UTAMI_15968_421_2014.pdf [thumbnail of B1_2_NITA_PUTRI_UTAMI_15968_421_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_NITA_PUTRI_UTAMI_15968_421_2014.pdf
Download (7MB)
Abstract
Kemampuan penalaran matematis siswa akan lebih baik dan berkembang apabila guru menyediakan pembelajaran yang menunjang kemampuan tersebut.Namun sebagian besar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Painan belum menggunakan dan mengembangkan kemampuan penalaran matematisnya secara optimal, ini disebabkan pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan kemampuan penalaran matematis siswa selama
di terapkan pembelajaran Think Pair Square dan untuk membandingkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI IPA SMAN 2 Painan dengan menggunakan pembelajaran Think Pair Square dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI IPA SMAN 2 Painan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kuasi eksperimen,rancangan yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Painan tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling
sehingga terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah kuis dan tes akhir. Kuis dianalisis dengan menentukan rata-rata kuis setiap pertemuan, siswa yang tuntas
berdasarkan KKM dan menentukan kriteria unjuk kerja yang dicapai siswa berdasarkan penilaian unjuk kerja Iryanti, sedangkan tes akhir menggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa mengalami perkembangan. Sedangkan kemampuan penalaran matematissiswa dengan menerapkan pembelajaran Think Pair Square lebih baik daripadapembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:11 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7778 |