Purwasih, Nining (2015) Efektifitas Media Kotak Matika dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian pada Anak Berkesulitan Belajar di SD N 14 Koto Panjang Padang: Single Subject Research di Kelas IV SDN 14 Koto Panjang Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_NINING_PURWASIH_54014_743_2015.pdf [thumbnail of B1_2_NINING_PURWASIH_54014_743_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_NINING_PURWASIH_54014_743_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini ada seorang anak berkesulitan belajar kelas IV SD. Yang belum mampu menyelesaikan soal operasi hitung perkalian dengan benar, anak belum mampu menyelesaikan perkalian satuan dan puluhan.Untuk
meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian anak berkesulitan belajar ini dengan menggunakan media kotakmatika dalam pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan Single Subject Research, dengan desain A-BA.
Data mengenai kemampuan perkalian anak melalui tertulis.Teknis analisis data yang digunakan Visual Analysis of Grafik. Hasil penelitian dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline (A-1) 5 kali, intervensi
(B) 8 kali, baseline (A-2) 4 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kotakmatika dapat meningkatkan kemampuan anak secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yaitu arah kecenderungannya mulai meningkat. Pada kondisi baseline (A1) anak hanya mampu menjawab soal
perkalian 6 s/d 10 dari20 soal 30 % benar. Setelah diberikan
perlakuan dengan media kotakmatika anak dapat menjawab soal
perkalian 80% soal dengan benar dari 20 soal yang ada.Selain
itu intervensi dihentikan, kemudiankembali kebaseline (A-2) pada kondisi ini anak mampu menjawab soal perkalian 80%
soal dari 20 soal yang ada.Hal ini menunjukkan bahwa media
kotakmatika dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian 6 s/d 10 pada anak berkesulitan belajar.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui media kotakmatika dapat meningkatkan kemampuan perkalian pada anak kesulitan belajar kelas IV. Oleh karena itu, disarankan kepada guru kelas supaya dapat menggunakan media kotakmatika
untukmeningkatkan kemampuan perkalian pada anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 06:48 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 06:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7740 |