Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Bilangan dengan Penggunaan Media Asli pada Anak Tunarungu: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III Tunarungu SDLB Negeri Manggis Ganting Bukittinggi

Suyamti, Sri (2012) Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Bilangan dengan Penggunaan Media Asli pada Anak Tunarungu: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III Tunarungu SDLB Negeri Manggis Ganting Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SRI_SUYAMTI_58467_4401_2012.pdf] Text
B1_2_SRI_SUYAMTI_58467_4401_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan siswa tunarungu kelas D III B yang belum memahami konsep pembagian bilangan, dari hasil tes yang peneliti lakukan, dari 10 soal yang diberikan hanya 2 nomor yang dijawab dengan benar, hal itupun bukan dari hasil pemikiran sendiri tetapi karena kebetulan saja jawaban asalnya benar, ketika dilain waktu soal itu diberikan kembali pada siswa jawaban yang tadinya benar menjadi salah, dan seorang siswa lagi , seharusnya pelajaran dasar pembagian bilangan telah dikuasai di kelas D II. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meningkatkan kemampuan anak tunarungu dalam memahami konsep pembagian melalui penggunaan media asli gula-gula. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat atau guru kelas. Subjek penelitian ini yaitu kelas D III B, dua orang anak tunarungu (KL, dan RH). Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang dilakukan selama enam kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, dan tes yang diberikan kepada anak. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan anak tunarungu dalam memahami konsep pembagian mengalami kemajuan dengan menggunakan media asli gula-gula dalam kegiatan pembelajaran. Hasil akhir yang diperoleh KL memperoleh (80%), dan RH memperoleh (100%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media asli gula-gula dapat meningkatkan kemampuan anak tunarungu dalam memahami konsep pembagian, maka disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media asli gula-gula dalam meningkatkan pemahaman anak dalam pembagian.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembagian bilangan, Media, Anak tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:43
Last Modified: 25 Apr 2025 01:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7717

Actions (login required)

View Item
View Item