Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 21 Padang Tahun Ajaran 2018/2019

Wulandari, Putri Nadila (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 21 Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_PUTRI_NADILA_WULANDARI_15029040_3332_2019.pdf] Text
B1_1_PUTRI_NADILA_WULANDARI_15029040_3332_2019.pdf

Download (783kB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan yang harus
dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun pada
kenyataan dilihat dari hasil observasi dengan memberikan soal tes kemampuan
matematis ditemukan bahwa kemampuan komunikasi matematis pesera didik
kelas VIII SMP Negeri 21 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat
mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dalam proses pembelajaran
matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan
komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada kemampuan komunikasi
matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional
pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Padang.
Jenis penelitian adalah deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan
penelitian Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Padang tahun ajaran 2018/2019.
Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara acak
sederhana yaitu menggunakan sistem undian. Dari hasil pengundian, terambil
kelas VIII. 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. 7 sebagai kelas kontrol.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi
matematis yang dianalisis dengan uji t.
Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata
= 0,05 diperoleh p-value = 0,000. Karena p-value , maka tolak .. Jadi dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW berpengaruh
terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik, dimana kemampuan
komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran
kooperatif tipe TTW lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran
langsungl pada kelas VIII SMP Negeri 21 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran TTW,Kemampuan komunikasi matmatis,pembelajaran kooperatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:42
Last Modified: 24 Apr 2025 05:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7715

Actions (login required)

View Item
View Item