Kontribusi Kesegaran Jasmani dan Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 09 Pauh Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Pili, Yu Candra (2012) Kontribusi Kesegaran Jasmani dan Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 09 Pauh Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ YU_ CANDRA_ PILI_94935_3579_2012.pdf] Text
B1_04_ YU_ CANDRA_ PILI_94935_3579_2012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 09 Pauh Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kesegaran jasmani dan status gizi terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 09 Pauh Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV, V dan VI di SD Negeri 09 Pauh Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah sebanyak 101 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang siswa putera. Untuk pengambilan data dilakukan pengukuran terhadap ke tiga variabel. Untuk data kesegaran jasmani menggunakan tes kesegaran jasmani Indonesia untuk anak usia 10 – 12 tahun, status gizi menggunakan pengukur berat badan dan tinggi badan siswa, sedangkan hasil belajar diperoleh dari nilai rapor. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Data hasil penelitian di analisis dengan menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat hubungan yang berarti (signifikan) tingkat kesegaran jasmani terhadap hasil belajar yaitu, t hitung = 3,69 > t tabel 1,69 dengan taraf signifikan α 0,05 dengan besar kontribusinya 26,42%. Hipotesis kedua terdapat hubungan yang berarti (signifikan) status gizi terhadap hasil belajar yaitu, t hitung = 2,72 > t tabel 1,69 dengan taraf signifikan α 0,05 dengan besar kontribusinya 16,32%. Sedangkan hipotesis ketiga terdapat hubungan yang berarti (signifikan) kesegaran jasmani dan status gizi secara bersama-sama terhadap hasil belajar yaitu, F hitung = 9,25 > F tabel 3,26 dengan taraf signifikan α 0,05 dengan besar kontribusinya 33,29%. Jadi kesimpulannya terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara kesegaran jasmani dan status gizi terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 09 Pauh Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesegaran Jasmani, Status Gizi
Subjects: L Education > L Education (General)
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:40
Last Modified: 24 Apr 2025 05:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7707

Actions (login required)

View Item
View Item